BARANG SAMPAI BARU BAYAR – GARANSI UANG KEMBALI JIKA PESANAN TIDAK SAMPAI

Minggu, 30 Oktober 2016

Sering Minum Kopi Sebabkan Batu Ginjal, Benarkah ?


Selamat datang dan terimakasih sudah berkunjung di blog kesehatan InfoProdukGreenWorld.BlogSpot.Co.Id.

Sering Minum Kopi Sebabkan Batu Ginjal, Benarkah ?

Sering Minum Kopi Sebabkan Batu Ginjal, Benarkah ?

Kopi Sebabkan Batu Ginjal, Benarkah ? Mungkin bagi sebagian orang yang gemar meminum kopi kaget akan pertanyaan ini, betapa tidak ? Tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit batu ginjal.

Baca juga :


Lalu, benarkah infomasi tersebut atau hanya mitos belaka ? Bagi Anda yang doyan minum kopi, ada baiknya baca artikel ini sampai tuntas ya, supaya Anda bisa terhindar dari penyakit batu ginjal.

Penyakit batu ginjal

Batu ginjal adalah endapan keras yang berada di dalam organ ginjal yang terbentuk akibat zat normal dalam urin menjadi terlalu terkonsentrasi. Pada umumnya, sebuah batu yang masih berukuran kecil bisa lewat melalui saluran kencing tanpa menyebabkan gejala.

Namun jika batu tumbuh lebih dari 5 milimeter (0,2 in), hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pada ureter yang mengakibatkan sakit parah di punggung bawah atau perut.

Sebagian besar batu terbentuk karena kombinasi genetik dan faktor lingkungan. Faktor risiko meliputi kadar urin yang tinggi kalsium, obesitas, makanan tertentu, beberapa obat, suplemen kalsium, hiperparatiroidisme , asam urat dan tidak minum cukup cairan.

Namun tidak hanya faktor tersebut, ada issu menyatakan bahwa meminum kopi terlalu sering ternyata dapat menyebabkan batu ginjal. Koq bisa ?

Meskipun kafein dalam kopi tidak berkorelasi dengan pembentukan batu ginjal, dehidrasi merupakan salah satu penyebab pembentukan batu ginjal. Karena kafein dan kopi memiliki efek diuretik,  hal ini sehingga menyebabkan para peminum kopi akan buang air kecil lebih sering.

Nah jika Anda sudah begini ( sering kencing ), Anda harus berhati-hati dari status hidrasi Anda. Jika Anda minum kopi atau minuman berkafein, pastikan Anda minum banyak air untuk menjaga hidrasi yang memadai untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

Sementara itu, dalam sebuah analisis dari hampir 200.000 peserta penelitian, ditemukan bahwa orang yang mengkonsumsi minuman yang paling manis memiliki risiko yang jauh lebih tinggi terkena batu ginjal. Solusinya ialah menyeduh kopi jangan terlalu manis ya ... Agar Anda terhindar dari penyakit batu ginjal.

Sebuah penelitian lain justru menjelaskan bahwa kopi memiliki khasiat baik untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Laaaahh, mana yang benar ?

Dalam studi yang sama, tim peneliti menentukan efek kopi tanpa kafein pada risiko batu ginjal. Para peneliti menemukan bahwa kopi tanpa kafein juga menghasilkan pengurangan 10 persen dalam pembentukan batu ginjal. Mereka tidak bisa menentukan apakah kafein saja mengurangi risiko pembentukan batu ginjal, atau jika zat dalam kopi mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

Lalu, kesimpulannya bagaimana ?

Saran kami, sebaiknya batasi minum kopi jangan terlalu sering dan juga lakukan gaya hidup yang lebih sehat untuk menghindari penyakit batu ginjal dalam tubuh Anda. Bagi Anda yang sebelumnya memiliki riwayat penyakit batu ginjal, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter apabila Anda hendak mengkonsumsi makanan tertentu termasuk kopi.

Source : http://www.livestrong.com/article/479159-do-coffee-and-caffeine-cause-kidney-stones/

Baca juga : Obat Kristal Ginjal


Sering Minum Kopi Sebabkan Batu Ginjal, Benarkah ?

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List


Jual QnC Jelly Gamat

Alamat

Perum Nyantong Permai Blok C No.3 Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat

Melayani Konsultasi dan Pemesanan : 0822.1849.9888 (SMS & TLP) Pin BB : 21A1047C
Diberdayakan oleh Blogger.

Prof. Li Deming PHD

Prof. Li Deming PHD
Presiden Direktur Perusahaan Green World Group