BARANG SAMPAI BARU BAYAR – GARANSI UANG KEMBALI JIKA PESANAN TIDAK SAMPAI

Selasa, 29 Maret 2016

Penyebab Penyakit Stroke Pada Lansia

Selamat datang dan terimakasih sudah berkunjung di blog kesehatan infoprodukgreenworld.blogspot.co.id.

Penyebab Penyakit Stroke Pada Lansia

Penyebab Penyakit Stroke Pada Lansia

Penyebab Penyakit Stroke Pada Lansia - Stroke terjadi ketika pasokan darah ke bagian otak tiba-tiba terganggu atau ketika pembuluh darah di otak pecah. Sel-sel otak mati ketika mereka tidak lagi menerima oksigen dan nutrisi dari darah atau ada perdarahan tiba-tiba ke dalam atau di sekitar otak.

Seperti semua organ, otak membutuhkan oksigen dan nutrisi yang disediakan oleh darah untuk berfungsi dengan baik. Jika suplai darah dibatasi atau dihentikan, sel-sel otak mulai mati. Hal ini dapat menyebabkan cedera otak, cacat dan mungkin kematian.

Stroke sendiri termasuk penyakit yang umum diderita oleh para lansia, hal ini dikarenakan terjadinya penurunan fungsi dari organ dan sistem dalam tubuh. Sehingga menyebabkan lansia sangat rentan menderita berbagai penyakit salah satunya ialah stroke.

Baca juga :

Penyebab penyakit stroke

Stroke terjadi ketika pasokan darah ke otak Anda terganggu atau berkurang. Ini menghalangi otak Anda dari oksigen dan nutrisi, yang dapat menyebabkan sel-sel otak Anda mati.

Stroke dapat disebabkan oleh arteri yang tersumbat (stroke iskemik) atau bocor atau meledak dari pembuluh darah (stroke hemoragik). Beberapa orang mungkin mengalami hanya gangguan sementara dari aliran darah ke otak mereka (transient ischemic attack, atau TIA).
  • Stroke iskemik
Sekitar 85 persen dari stroke adalah stroke iskemik. stroke iskemik terjadi ketika arteri ke otak Anda menjadi menyempit atau tersumbat, menyebabkan aliran darah sangat berkurang (iskemia). Stroke iskemik yang paling umum termasuk :

1. Stroke trombotik

Stroke trombotik terjadi ketika bekuan darah (trombus) bentuk di salah satu arteri yang memasok darah ke otak Anda. Bekuan dapat disebabkan oleh endapan lemak (plak) yang membangun dalam arteri dan menyebabkan aliran berkurang darah (aterosklerosis) atau kondisi arteri lainnya.

2. Stroke emboli Stroke embolik terjadi ketika bekuan darah atau bentuk sampah lainnya dari otak Anda - yang biasa di dalam hati Anda - dan menyapu melalui aliran darah Anda untuk tinggal di pembuluh otak sempit. Jenis bekuan darah disebut embolus.

  • Stroke hemoragik
Stroke hemoragik terjadi bila pembuluh darah di otak kebocoran atau pecah. perdarahan otak dapat hasil dari banyak kondisi yang mempengaruhi pembuluh darah Anda, termasuk tekanan yang tidak terkontrol darah tinggi (hipertensi), overtreatment dengan antikoagulan dan titik-titik lemah dalam Anda dinding pembuluh darah (aneurisma).

Penyebab kurang umum dari perdarahan adalah pecahnya kusut abnormal pembuluh darah berdinding tipis (arteriovenous malformation) hadir pada saat lahir. Jenis stroke hemoragik meliputi:

1. Perdarahan intraserebral. Dalam perdarahan intraserebral, pembuluh darah di otak pecah dan tumpahan ke dalam jaringan otak di sekitarnya, merusak sel-sel otak. Sel-sel otak di luar kebocoran dirampas darah dan juga rusak. Tekanan darah tinggi, trauma, malformasi vaskular, penggunaan obat pengencer darah dan kondisi lain dapat menyebabkan perdarahan intraserebral.

2. Subarachnoid hemorrhage. Dalam perdarahan subarachnoid, arteri pada atau dekat permukaan otak pecah dan tumpahan ke dalam ruang antara permukaan otak dan tengkorak Anda. Perdarahan ini sering ditandai dengan tiba-tiba, sakit kepala parah.

Perdarahan subarachnoid umumnya disebabkan oleh meledaknya karung-berbentuk atau berry berbentuk outpouching kecil pada arteri dikenal sebagai aneurisma. Setelah perdarahan, pembuluh darah di otak Anda dapat melebar dan menyempit tak menentu (vasospasme), menyebabkan kerusakan sel otak dengan lebih lanjut membatasi aliran darah. 
  • Transient ischemic attack (TIA)
Sebuah serangan transient ischemic (TIA) - juga dikenal sebagai ministroke - adalah periode singkat gejala mirip dengan yang Anda akan memiliki di stroke. Penurunan sementara pasokan darah ke bagian otak Anda menyebabkan TIA, yang sering berlangsung kurang dari lima menit.

Seperti stroke iskemik, TIA terjadi bila aliran darah bekuan atau puing-puing blok ke bagian otak Anda. Sebuah TIA tidak meninggalkan gejala abadi karena penyumbatan bersifat sementara.

Faktor risiko penyakit stroke

Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko stroke. Beberapa faktor juga dapat meningkatkan kesempatan Anda memiliki serangan jantung. Berpotensi faktor risiko stroke dapat diobati meliputi:
faktor risiko gaya hidup
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Aktivitas fisik
  • Berat atau pesta minuman keras
  • Penggunaan obat-obatan terlarang seperti kokain dan methamphetamine 

Faktor risiko medis

  • Tekanan darah tinggi - risiko stroke mulai meningkat pada pembacaan tekanan darah lebih tinggi dari 120/80 milimeter merkuri (mm Hg). Dokter Anda akan membantu Anda memutuskan pada tekanan darah target berdasarkan usia Anda, apakah Anda memiliki diabetes dan faktor lainnya.
  • Merokok atau menjadi perokok pasif.
  • Kolesterol Tinggi.
  • Diabetes.
  • Penyakit kardiovaskular, termasuk gagal jantung, kelainan jantung, infeksi jantung atau irama jantung yang abnormal.

Faktor lain yang berhubungan dengan risiko lebih tinggi stroke meliputi :

  • Riwayat pribadi atau keluarga dari stroke, serangan jantung atau serangan iskemik transien.
  • Gender - Pria memiliki risiko lebih tinggi terkena stroke daripada wanita. Perempuan biasanya lebih tua ketika mereka memiliki stroke, dan mereka lebih mungkin untuk meninggal dari stroke daripada pria. Juga, mereka mungkin memiliki beberapa risiko dari beberapa pil KB atau terapi hormon yang termasuk estrogen, serta dari kehamilan dan persalinan.
Sumber : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/stroke/symptoms-causes/dxc-20117265

Terimakasih sudah berkunjung, Semoga artikelnya bermanfaat :)

Baca juga :



Penyebab Penyakit Stroke Pada Lansia

0 komentar:

Posting Komentar

Qnc Jelly Gamat

Unordered List


Jual QnC Jelly Gamat

Alamat

Perum Nyantong Permai Blok C No.3 Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat

Melayani Konsultasi dan Pemesanan : 0822.1849.9888 (SMS & TLP) Pin BB : 21A1047C
Diberdayakan oleh Blogger.

Prof. Li Deming PHD

Prof. Li Deming PHD
Presiden Direktur Perusahaan Green World Group